GUBERNUR ARINAL CANANGKAN 254 PESERTA KONTINGEN LAMPUNG UNTUK PORWIL X 2019 DI BENGKULU

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mencanangkan 254 peserta kontingen Lampung untuk Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) X Sumatera, yang akan berlangsung di Bengkulu, November 2019 mendatang. Pencanangan dilakukan Gubernur di Gedung Sumpah Pemuda, PKOR Way Halim, Bandarlampung, Jum'at (4/10/2019).

Dalam kesempatan itu, Gubernur Arinal menjelaskan untuk menuju prestasi olahraga, harus ada rasa persatuan dan kebersamaan dalam mewujudkannya.

"KONI Lampung dan Cabor harus menunjukkan keseriusan dan menanamkan rasa kesejukan sehingga harapan atlit dalam menjulang prestasi dapat tercapai. Selain itu juga diperlukan konsistensi sesama atlit, Cabor, KONI dan Pemprov Lampung sehingga prestasi dapat diraih," ujar Gubernur Arinal.

Arinal menjelaskan bahwa KONI Lampung sekarang sudah lebih baik dan mengarah ke prestasi. Tinggal bagaimana Cabornya mampu meningkatkan intensif dalam pelatihan dan konsistensi para atlitnya.

"KONI Lampung terus berupaya dalam meningkatkan prestasi olahraga Lampung, termasuk seleksi para atlit. Tinggal bagaimana Cabornya terus intensif dalam pelatihan, dan para atlit tetap konsisten," jelasnya.

Gubernur minta para atlit yang berprestasi dapat dipertahankan, dan yang memiliki potensi prestasi harus ditingkatkan. "Untuk apa banyak atlit kalau tidak berprestasi, lebih baik cukup tapi berprestasi," ujarnya.

Kepada para atlit, Gubernur berpesan agar dapat menunjukkan perjuangan dengan maksimal dan terbaik guna meraih prestaai yang diharapkan. "Tunjukkan usaha yang terbaik, dan tetap junjung sportifitas. Terus tempa dan latih diri kalian, serta jaga kesehatan," jelasnya.

Sementara itu, Ketua KONI Lampung Yusuf S. Barrusman, menjelaskan bahwa sejak dilantik pada 5 september 2019 lalu, pihaknya sudah banyak melakukan kerja keras dalam meningkatkan prestasi olahraga Lampung.

"Kami menyadari bahwa kepengurusan KONI Lampung yang dilantik kemarin adalah orang-orang yang sangat tepat. Hal ini dibuktikan dengan sebelum dilantiknya kepengurusan, para pengurus sudah mulai bekerja," jelasnya.

Yusuf menjelaskan bahwa KONI Lampung memiliki target yang sangat agresif dalam memajukan prestasi dunia olahraga Lampung. "Pada PON 2020, kami menargetkan untuk dapat masuk 10 besar. Dan ini dimulai dari persiapan atlit kita dari semua Cabor untuk ikut PON," jelasnya.

Yusuf menjelaskan bahwa sudah ada 13 Cabor yang lolos PON 2020. Tahapan lainnya, menunggu hasil cabor yang ikut Pra-PON dan Kejurnas, serta dari Porwil X Sumatera. "Pada 4-6 Oktober ini, kami akan meningkatkan kesiapan mental para atlit, sehingga dapat meningkatkan kesiapan dalam mengikuti Porwil X Sumatera di Bengkulu," jelasnya.

Jumlah personil kontingen Lampung pada Porwil X Sumatera berjumlah 254 orang yang terdiri dari 149 atlit, 47 official dan pelatih, 30 Monitoring dan evaluasi, serta 27 panitia. (lampungprov.go.id)