GUBERNUR MINTA PEMPROV LAMPUNG BANGUN SINERGITAS UNTUK WUJUDKAN PEMBANGUNAN BERBASIS PENGUATAN KELUARGA MELALUI PROGRAM KKBPK

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi minta jajaran Pemprov membangun sinergitas dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan stakeholder terkait untuk mewujudkan pembangunan yang berbasis penguatan keluarga melalui Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Pesan Gubernur itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto saat membuka secara resmi Kegiatan Lokakarya Pembentukan Kelompok Kerja Advokasi Program KKBPK Provinsi Lampung dan Kabupaten/Kota Tahun 2019 di Hotel Emersia Bandar Lampung, Selasa, (26/11/2019).

Menurut Fahrizal, Gubernur berkomitmen mewujudkan Pembangunan Lampung berjaya melalui pelaksanaan pembangunan yang berbasis pada penguatan keluarga. Itulah sebabnya selain membangun sinergitas dengan BKKBN juga antar lintas sektor swasta dan masyarakat.

“Keberhasilan KKBPK akan menjadi landasan kuat bagi pencapaian keberhasilan di bidang pembangunan lainnya. Demikian pula sebaliknya kegagalan di bidang Kependudukan dan Keluarga Berencana akan merusak potensi keberhasilan sektor lain," ujar Fahrizal.

Fahrizal menilai keberhasilan pembangunan suatu bangsa atau negara diawali dengan penguatan kualitas putra – putri dari dalam keluarga. Karena sesungguhnya penguatan keluarga merupakan modal / basis pembangunan yang sangat penting. "Dan ini bisa kita laksanakan dengan membangun sinergitas antara Pemerintah Provinsi Lampung dan BKKBN khususnya Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung," ujar Fahrizal.

Oleh sebab itu, lanjut Fahrizal, para pengelola Program KKBPK serta para pemangku kepentingan yang terkait, diharapkan mampu mengidentifikasi peluang dan mengembangkan strategi dan kegiatan Advokasi.

Salah satu kegiatannya melalui Tim Kelompok Kerja Advokasi Program KKBPK. Tim ini beranggotakan lintas sektor di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota yang berfungsi sebagai “Think Tank” bagi misi Program KKBPK.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Lampung Uliantina Meiti menyampaikan Tim Kelompok kerja Advokasi Program KKBPK yang beranggotakan lintas sektor di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota merupakan upaya BKKBN untuk mendorong pembangunan daerah.

“Dasar kemitraan ini adalah adanya kesamaan visi untuk mencapai tujuan bersama, yaitu terwujudnya keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera. Dalam rangka mendukung suksesnya pembangunan daerah yang kita cintai ini,“ tutur Uliantina. 

Uliantina juga menyampaikan harapannya melalui lokakarya ini semoga diperoleh kesepakatan bersama dalam rangka percepatan pembangunan kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga melalui dibentuknya suatu tim kelompok kerja advokasi yang melibatkan semua stakeholder tambahnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Lokakarya Zainal Aspin dalam laporannya menyampaikan acara tersebut diikuti 85 peserta yang terdiri dari OPD terkait di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung, dan seluruh Kabupaten / Kota serta para mitra KKBPK dari 15 Kabupaten / Kota. (lampungprov.go.id)