Harapan Pembangunan Jalan Tahun 2017 Gubernur Lampung

Gubernur Lampung melakukan kunjungan kerja pada kegiatan pembangunan jalan pada ruas Gedong Tataan – Kedondong. Ruas Jalan ini sudah mencapai kondisi mantap 100%.

 


Ruas-ruas jalan yang menjadi akses utama dan berhasil diselesaikan dengan kemantapan mencapai 90-100% pada tahun 2016 antara lain : Ruas Gedong Tataan – Kedondong, Ruas Lempasing – Padang Cermin, Ruas Nyampir – Tanjung Kari, Ruas Korpri - Sukadamai – Kibang, Ruas Gunung Sugih - Kota Gajah, Ruas Kota Gajah – Gedong Dalem, Ruas Metro – Kota Gajah, Ruas Bandar Jaya – Sp. Mandala, Ruas Pringsewu – Pardasuka – Sukamara, Ruas Kalirejo – Bangunrejo, Ruas Gunung Sugih – Padang Ratu, Ruas Ketapang – Negara Ratu, Ruas Negara Ratu – Gunung Betuah, Ruas Bandar Sakti – Sp. Daya Murni, Ruas Gunung Betuah – Gunung Labuan, Ruas Simpang Empat – Blambangan Umpu, Ruas Liwa – Bts. Sumsel, Ruas Sp. Trimulyo – Bungin – Sp. Tugu Sari dan Ruas Bujung Tenuk – Penumangan.

 

Saat ini dari 99 ruas jalan yang menjadi kewenangan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR), 45 ruas diantaranya telah mencapai kondisi mantap diatas 90%, bahkan banyak yang sudah mencapai 100%. Sementara 22 ruas jalan saat ini telah mencapai kondisi mantap 75 sd. 90 % dan sedang dipacu untuk mencapai mantap lebih dari 90%. Sisanya masih dibawah 75% akan terus dilakukan pembangunan secara bertahap.

 

Harapan Pembangunan Jalan Tahun 2017

 

Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) telah menyiapkan sejumlah target pencapaian, khususnya terkait pembangunan jalan dan jembatan provinsi selama 2017.

 

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Provinsi Lampung, Budhi Darmawan, S.T., M.T., menyampaikan pada 2017, Dinas PU-PR mempunyai target kemantapan jalan provinsi sepanjang 1.269,95 Km atau sebesar 75% dari total panjang jalan provinsi sepanjang 1.693,273 Km. Target ini lanjut beliau, akan dicapai dengan melakukan pembangunan dan pemeliharaan jalan provinsi sepanjang 150,44 Km.

 

Prioritas 2017

 

Diantara prioritas pembangunan jalan pada tahun 2017 yang diharapkan dapat tertangani maksimal karena merupakan akses utama penggerak perekonomian adalah pada ruas-ruas jalan : Sp. Korpri – Sukadamai, Metro – Tanjung Kari, Pugung Raharjo – Jabung, Sp. Randu – Seputih Surabaya, Seputih Surabaya – Sadewa, Negara Ratu – Sp. Soponyono, Negara Ratu – Sp. Tujok, Penumangan – Unit VI, Pakuan Ratu – Bumiharjo, Sp. Pematang – Brabasan dan Brabasan – Wiralaga.

 

Untuk melanjutkan pembukaan wilayah terisolir, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) juga tetap memprioritaskan ruas-ruas jalan berikut pada tahun 2017, diantaranya ruas Sp. Teluk Kiluan – Sp. Umbar, Sp. Umbar – Putih Doh, Ngarip – Ulu Semong, Pekon Balak – Suoh, Tegal Mukti – Tajab dan Tajab – Adijaya.

 

Untuk kemudahan akses dan penanganan di lapangan, seperti tahun sebelumnya Dinas PU-PR tetap memprioritaskan ruas Wates – Jatiringin – Sp. Empat (eks ruas jalan provinsi) di Kabupaten Tanggamus untuk ditangani pada tahun ini. Pembukaan jalan baru juga akan dilakukan untuk pengembangan Metropolitan Bandar Lampung dan kemudahan akses Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS), yakni pembangunan jalan dari Kota Baru menuju Kota Metro dan Lampung Timur.

 

Selain itu untuk kepentingan pengembangan pariwisata, ruas jalan Padang Cermin – Kedondong dan Padang Cermin – Sp. Teluk Kiluan akan tetap diberikan porsi utama di tahun 2017 ini. Berikutnya adalah pembangunan jalan untuk kepentingan akses menuju wisata Astronomical Observation (Teropong Bintang) di Kabupaten Pesawaran juga akan menjadi perhatian serius.

 

Sementara itu untuk pembangunan jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Provinsi Lampung telah menyiapkan 7 paket pembangunan jembatan dan box culvert. Diantara yang terpenting adalah kelanjutan pembangunan jembatan Way Sekampung II tahap 2 di Kabupaten Pringsewu.

 

Komitmen Dinas PU-PR Provinsi Lampung

 

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Provinsi Lampung berkomitmen untuk senantiasa bekerja keras untuk mempersembahkan hasil dan kinerja terbaik untuk masyarakat Lampung. Para pegawai yang terlibat aktif di lapangan diharuskan melaksanakan pengendalian terhadap mutu pekerjaan secara proaktif dan disiplin dalam pencapaian mutu yang disyaratkan dan mengetahui secara dini atas penyimpangan mutu yang ada.

 

Saat ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Provinsi Lampung bersiap melakukan lelang dini paket pekerjaan tahun anggaran 2017. Hal ini bertujuan supaya waktu pelaksanaan di lapangan lebih panjang. Dengan demikian, paket pekerjaan dapat selesai tepat waktu, lebih cepat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dan pada akhirnya menjadi lokomotif pergerakan perekonomian Provinsi Lampung.

 

Pelelangan dilakukan untuk semua jenis pekerjaan Dinas PU-PR meliputi pembangunan jalan provinsi, pemeliharaan berkala jalan, pembangunan dan pemeliharaan jembatan serta pembangunan jalan dan jembatan strategis. (rif/JH)