Kadis PUPR turun langsung melihat kondisi eksisting ruas jalan Provinsi

PUPR Lampung - Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) terus mendorong perbaikan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan yang tersebar di beberapa Kabupaten pada tahun 2019 ini.

Sesuai arahan Gubernur Lampung. Kepala Dinas PUPR Ir. Mulyadi Irsan, MT beserta jajarannya melakukan monitoring dan evaluasi di ruas jalan Provinsi yang berada di Kabupaten Waykanan dan Tulang bawang. Pekan lalu Monev juga telah dilakukan di Kabupaten Mesuji.

Kamis pagi, 25 juni 2019 kemarin. Sebelum melakukan monitoring kelapangan. Kepala Dinas PUPR menyempatkan hadir memimpin apel pagi di UPTD IV yang berada di Kotabumi Lampung Utara. Dalam sambutan beliau menghimbau kepada rekan rekan UPTD untuk semaksimal mungkin melayani masyarakat. Khususnya masyarakat pengguna jalan di wilayah UPTD IV. karna UPTD merupakan ujung tombak dari Dinas PUPR. 

Monitoring dimulai dari ruas Sp. Empat - Belambangan Umpu dengan panjang ruas 11.063 km yg berada di Kabupaten Waykanaan. Selain Dinas PUPR Provinsi beserta jajarannya. Turut pula hadir perwakilan dari PUPR Kab. Waykanan dan juga Konsultan serta kontraktor.

Setelah meninjau lokasi dan berdiskusi, Tim beralih ke Ruas Blambangan Umpu - Sri Rejeki dengan panjang 20.42 km. di lanjut ke Sri Rizki - Pakuan Ratu dengan panjang 18.66 km. Kemudian Ruas Pakuan Ratu - Serupa indah 16.42 km. Serupa indah - Tajab 11.30km. Tajab - Adijaya 23.60 km . Dan dilanjut Adijaya tulung randu 38.13 km yang berada di kabupaten Tulang bawang."(hari pertama).

Dari hasil monitoring dan eksisting jalan saat ini Mulyadi memberikan arahan mengenai penanganan harus lebih diperhatikan. Serta pengawasan pada saat proses pembangunan. Mengingat pekerjaan belum dimulai. Selain penanganan, pembersihan drainase juga harus diperhatikan untuk menjaga umur jalan agar tidak cepat rusak. Pemeliharaan rutin sistem URC juga kedepan akan diterapkan untuk 2 km jalan turut andil warga untuk memelihara, menginformasikan dan membersihkan rumput2 yang sudah masuk ke badan jalan."Ujarnya.

Dari data hasil survey kondisi jalan 2019 bahwa untuk ruas Provinsi yang berada di kabupaten waykanan kondisi rusak berat mencapai 96.24 km dari panjang total semua ruas 204.43 km. Hal tersebut tentu mempengaruhi kemantapan jalan Provinsi.

Hari kedua turut pula mendampingi Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tulang Bawang Puncak Setiawan, SP, MM dan beberapa Kepala Desa di Rawapitu. Selain monitoring Ruas jalan Rombongan juga meninjau langsung lokasi yang rencananya akan dibangun jembatan sepanjang 110m yang berada di Desa Rawapitu.

"Sesuai arahan Bapak Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi Desa tersebut terpotong oleh sungai Way Tuba apabila terbangun jembatan akan sangat efisien penduduk setempat menuju perkotaan sehingga roda perekonomian warga sekitar akan tumbuh lebih cepat pula "tutur Mulyadi. (*)