URAI KEMACETAN, JALAN TOL RUAS TERBANGGI BESAR SIAP DIGUNAKAN

PUPR Lampung - Menjelang lebaran, jalan tol trans Sumatra sebagian sudah bisa digunakan sebagai jalur mudik lebaran idul fitri 2018 mendatang. Jalan tol ruas terbanggi besar bisa digunakan sebagai pengurai kemacetan, disaat jalan lintas Sumatra, Kabupaten Lampung Tengah, terjebak kemacetan.

Ruas jalan tol ini bisa digunakan secara fungsional, jika terjadi kemacetan di jalan lintas tengah, Sumatera ruas Poncowati yang sedang dilakukan pengecoran dan diprediksi tidak akan selesai hingga H-7 lebaran Idul Fitri 2018.

Saat ini petugas sudah menyiapkan jalan tol Terbanggi besar untuk mengurangi kemacetan di jalan lintas tengah Sumatera di Kabupaten Lampung Tengah, tepatnya di wilayah Gunung Sugih sampai Simpang Tebanggi besar yang kerap mengalami kemacetan akibat arus mudik.

Para pekerja jalan tol ruas terbanggi besar pun sudah melakukan perapian serta pemasangan pembatas jalan untuk tahap perampungan. Jalan tol ini akan digunakan hanya dari Gunung Sugih sampai Terbanggi Besar yaitu para pengguna jalan akan dialihkan menuju gerbang tol seputih jaya, dan akan keluar tepat di pertigaan terbanggi besar.

Di karenakan di jalan lintas Sumatera sendiri yang sering mengalami kemacetan parah, di Bandar Jaya sampai dengan Yukum Jaya, dengan di alihkannya arus lalu lintas tersebut bisa memperlancar para pengguna jalan.

Kapolda Lampung, Irjen Pol Suntana mengatakan kesiapan keamanan jalur mudik mulai dari jalan tol trans Sumatera ruas Bakauheni hingga Terbanggi Besar, jalan Lintas Timur, Lintas Tengah, dan Barat sudah dilakukan pengecekan dan monitoring terutama tempat rawan macet dan kecelakaan, hingga rawan kejahatan.

Polda Lampung juga akan menyiapkan penempatan personel di seluruh titik jalur mudik, termasuk sterilisasi Bandara, Pelabuhan dan Terminal, serta jalan lintas Sumatera yang digunakan sebagai arus mudik, penempatan sniper juga dilaksanakan untuk mencegah kriminalitas. (*)