Sekretariat 

Sekretariat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Lampung mempunyai tugas mengatur pelayanan administrasi umum dan kepegawaian, keuangan serta urusan rumah tangga kantor sesuai peraturan perundang-undangan yang belaku, dan menyelenggarakan sebagaian tugas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang di Bidang Pengendalian Program Jalan dan Jembatan.

Sekretariat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Lampung mempunyai fungsi:

a.    pelaksanaan pelayanan surat menyurat, tata naskah dinas, kearsipan, perlengkapan dan peralatan, rumah tangga, keprotokolan serta pelayanan umum;

b.    penyusunan rencana kebutuhan pegawai, pengembangan pegawai, mutasi, promosi dan tata usaha kepegawaian serta menyusun produk hukum dan pengembangan organisasi dan tatalaksana, tata usaha, kepegawaian;

c.    pelaksanaan penyiapan bahan penyusunan rencana anggaran pendapatan dan belanja dinas, pembukuan, perhitungan anggaran dan verifikasi serta perbendaharaan;

d.    penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan pada Sekretariat;

e.    pelaksanaan tugas yang diberikan oleh atasan.

 

Sub Bagian Umum

Sub Bagian Umum mempunyai tugas melaksanakan pelayanan surat menyurat, tata naskah dinas, kearsipan, perlengkapan dan peralatan, rumah tangga, keprotokolan serta pelayanan umum.

Rincian tugas Sub Bagian Umum adalah sebagai berikut:

a.    melaksanakan pengurusan surat yang masuk dan keluar, meliputi pengambilan dan pengiriman, pencatatan dan penyerahan surat, penomoran dan pengendalian, meneliti kebenaran alamat kelengkapan lampiran surat dinas;

b.    mengatur penyelesaian surat-surat dinas meliputi pendistribusian sesuai disposisi pimpinan, pengetikan/penyelesaian dengan komputer, penataan dan penyimpanan serta penyusunan arsip;

c.    mengatur penyediaan alat tulis menulis, penggunaan stempel dinas, operator telepon dan faksimili, perpustakaan, pramu tamu dan caraka serta pengemudi kendaraan dinas operasional;

d.    menyelenggarakan administrasi peralatan dan barang inventarisasi dinas mulai dari rencara kebutuhan, pengadaan penomoran, inventaris, penyimpanan, penggunaan dan perawatan serta inventaris ruang sampai penghapusan peralatan dan inventaris;

e.    menyelenggarakan urusan rumah tangga dinas, meliputi kebersihan dan perawatan kantor, pengaturan rapat dinas dan tata usaha pimpinan, pengaturan penggunaan/penanggungjawab rumah dinas, perjalanan dinas, kendaraan dinas termasuk dokumen dan perpanjangan STNK serta sewa rumah dinas;

f.     melaksanakan dan menyiapkan laporan pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Umum; dan

g.    melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

Sub Bagian Kepegawaian

       Sub Bagian Kepegawaian mempunyai tugas menyusun rencana kebutuhan pegawai, pengembangan pegawai, mutasi, promosi dan tata usaha kepegawaian serta menyusun produk hukum dan pengembangan organisasi dan tatalaksana, tata usaha, kepegawaian.

        Rincian tugas Sub Bagian Kepegawaian adalah sebagai berikut:

a.    melaksanakan penyusunan formasi pegawai, meliputi formasi kebutuhan, kenaikan pangkat, perbantuan/perpindahan wilayah pembayar gaji dan pensiun karena telah mencapai batas usia;

b.    melaksanakan pengembangan dan penyelesaian mutasi pegawai, meliputi peningkatan status, pengangkatan dalam pangkat, pengangkatan dalam jabatan, penyesuaian ijazah, peninjauan masa kerja, pemberhentian sementara dan pensiun;

c.    melaksanakan pelayanan penyelesaian karpeg, karis/karsu, Askes, Taspen, Cuti, kenaikan gaji berkala, penyelesaian angka kredit jabatan fungsional dan pemberian penghargaan PNS;

d.    menyelenggarakan tata usaha pembinaan pegawai, meliputi absen, jadwal apel, pembinaan mental, pemeriksaan dalam rangka tindakan administrasi atau dalam rangka promosi, kesempatan diklat dan tugas/ijin belajar;

e.    menyiapkan bahan dan penyusunan organisasi dan tata laksana lingkup Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Lampung;

f.     menyusun segala bentuk produk hukum, pembuatan surat keputusan, pembinaan dan penyelesaian sengketa hukum PNS;

g.    menyiapkan laporan pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Keuangan; dan

h.    melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan. 

 

Sub Bagian Keuangan

Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan penyusunan rencana anggaran pendapatan dan belanja dinas, pembukuan, perhitungan anggaran dan verifikasi serta perbendaharaan.

Rincian tugas Sub Bagian Keuangan adalah sebagai berikut: 

a.    melaksanakan dan menyiapkan bahan penyusunan rencana penerimaan dan anggaran belanja dinas;

b.    melaksanakan dan menyiapkan bahan pembinaan administrasi keuangan dan perbendaharaan serta TPTGR;

c.    melaksanakan dan menyiapkan bahan verifikasi pertanggungjawaban keuangan dan bimbingan penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan;

d.    melaksanakan dan menyiapkan bahan penataan dokumen keuangan dan penyusunan laporan realisasi anggaran;

e.    melaksanakan dan menyiapkan laporan pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Keuangan; dan

f.     melaksanakan tugas lain yan diberikan oleh atasan.