Telaah Visi, Misi, dan Program Gubernur

 

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Provinsi Lampung merupakan salah satu pelaku pembangunan yang diharapkan mampu berkontribusi nyata dalam pencapaian visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Lampung. Misi kepala daerah yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Provinsi Lampung adalah pada misi ke dua yaitu :


Meningkatkan Infrastruktur Untuk Pengembangan Ekonomi dan Pelayanan Sosial

 

Seiring dengan harapan tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Provinsi Lampung dituntut untuk mampu mengejawantahkan Visi Pembangunan Lampung 2015 - 2019, melalui pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 13 tahun 2009 tanggal 09 Desember 2009 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Provinsi Lampung.

Visi Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung Terpilih


“LAMPUNG MAJU DAN SEJAHTERA 2019”

 

Maju mempunyai konotasi modern atau industrialized, dan menatap atau berorientasi ke depan. Kemajuan mencakup domain perekonomian, sains dan teknologi, pendidikan, dan civilization (politik dan hukum) perekonomian yang maju umumnya berbasis industri, perdagangan, dan jasa, didukung oleh infrastruktur  yang memadai, berkualitas, dan berskala  tinggi. Proses produksi didukung oleh penerapan  sains dan teknologi yang kental. Tingkat pendapatan masyarakat tinggi dengan pembagian yang lebih adil dan merata.   Tingkat   pendidikan   rata-rata   tinggi   dan   merata,   yang   tercermin   dari   tingkat pendidikan terendah, tingkat partisipasi pendidikan, dan jumlah tenaga ahli atau profesional yang  dihasilkan. 

 

Masyarakat  yang  maju  adalah  masyarakat  yang  civilized,  yang  memiliki sistem dan kelembagaan  politik, dan hukum yang mantap,  serta berkehidupan  demokratis, tidak diskriminatif dalam bentuk apapun, bebas berpendapat, menggunakan hak politik, kesamaan   didepan   hukum,   menjunjung   tinggi   HAM,   beretika,   disiplin,   tertib,   serta menghargai profesi.


Untuk mewujudkan Visi Pembangunan Jangka Menengah Provinsi Lampung Tahun 2015—2019, dirumuskan 5 (lima) Misi sebagai berikut :

1.        Meningkatkan Pembangunan Ekonomi dan Memperkuat Kemandirian Daerah.

2.        Meningkatkan Infrastruktur Untuk Pengembangan Ekonomi Dan Pelayanan Sosial.

3.        Meningkatkan Kualitas Pendidikan, Kesehatan, Budaya Masyarakat, dan Toleransi Kehidupan Beragama.

4.        Meningkatkan Pelestarian SDA dan Kualitas Lingkungan Hidup yang Berkelanjutan.

5.        Menegakkan Supremasi Hukum, Membangun Peradaban Demokrasi, Dan Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik. 


Misi Gubernur Lampung yang kedua yaitu Meningkatkan Infrastruktur Untuk Pengembangan Ekonomi dan Pelayanan Sosial, sangat terkait dengan keenam fungsi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR).Ketersediaan infrastruktur yang berkualitas merupakan salah satu faktor penentu daya tarik suatu kawasan/wilayah, di samping faktor kualitas lingkungan hidup, image, dan masyarakat (budaya).Sementara itu, kinerja infrastruktur merupakan faktor kunci dalam menentukan daya saing global, selain kinerja ekonomi makro, efisiensi pemerintah, dan efisiensi usaha.


Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Provinsi Lampung dituntut untuk mampu melaksanakan Visi Pembangunan Lampung 2015-2019, melalui penetapan visi kelembagaan sebagai ukuran keberhasilan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan, yang sejalan dengan isu strategis yang dihadapi, dan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

 

Ukuran keberhasilan yang akan dicapai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Provinsi Lampung pada periode 2015-2019, yakni terwujudnya peningkatan pembangunan infrastruktur untuk menghantarkan pertumbuhan ekonomi menuju masyarakat Lampung yang Maju dan Sejahtera, tentunya juga dilandasi oleh ‘Isu Strategis’ sebagai fokus pembangunan yang dihadapi dalam penyelenggaraan tugas pokok dan fungsinya di masa mendatang, serta upaya peningkatan pelayanan yang berkualitas dan peningkatan keselamatan dalam bidang ke binamargaan kepada masyarakat.